Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Yahoo

Selasa, 06 September 2016

Cara Mengkoneksikan RouterBoard hAP Wireles dengan WinBox/Mikrotik

Assalamualaikum Wr Wb
Halo temen-temen disini saya akan menerangkan bagaimana caranya routerboard hAp Lite conect ke Internet =))
Okee langsung ke TKP saja yaa...
Nih yang pertama Hubungkan router dengan PC menggunakan kabel LAN. Ujung kabel lan kita pasang ke router ,,, oiya masukinnya ke port 2 aja yaa! Nah setelah itu buka aplikasi Winbox.
 

Nah kalo muncul kaya gambar diatas langsung saja kita pilih MAC ADDRES yang sudah ke deteksi dari aplikasi WinBox tersebut lalu Connect deh.

Nah setelah conect pasti akan muncul tampilan seperti ini.
 
Setelah muncul tampilan seperti itu, Lalu kita Aktifkan wireles pada router tersebut . Lalu kita pindah ke Tab Quick Set Dan setting setingan seperti dibawah.
 
Nah setelah itu lalu kita pilih Wifi mana yang mau kita Sambungkan misalkan : Mikro Tik 100
 
Setelah konek kita akan mendapatkan IP secara otomatis.
  
Nah setelah itu untuk mengecek apakah kita sudah terkoneksi atau belum kita ke menu New Terminal dan ping 8.8.8.8                                                          NB: kenapa saya ping 8.8.8.8 karena 8.8.8.8 itu IP addres Google karna google tidak pernah mati koneksinya .
 
Nah Selesai kita setting Wifi ,, Nah kalo udah gitu gimana mas caranya biar PC konek ke Internet ??
Caranya gampang=))
1. Kita harus mengkonfigurasinya di sebelah kanan ada tulisan “Configuration” disitu kita ganti modenya menjadi “Router” 
2. Wireless networknya kita ubah menjadi “static” itu artinya kita menggunakan DHCP untuk “local network” kita isi ip addressnya secara manual,disini saya menggunakan ip address kelas a yaitu:1.1.1.1 dengan netmask:255.255.255.0/24
3. lalu beri tanda ceklis pada NAT klik apply dan ok .
Kalau kita sudah setting IP secara Static kita setting IP tersebut di PC Seperti dibawah ini. 
 
Nah Selesai .

Setelah itu kita tunggu sebentar dan lihat apa hasilnya  .